Menulis Kok Report !!!

Apa Kata Dunia ?

Silabus&RPP sejarah X/1

SILABUS

 

Mata Pelajaran            :   Sejarah

Kelas                           :   X

Standar Kompetensi    :   Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

 

Kompetensi Dasar

Uraian Materi

Indikator

Pengalaman Belajar

Penilaian

Alokasi Waktu

Bahan/Sumber/Alat

Mendeskripsikan

tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa praaksara dan masa aksara

1.   Cara masyarakat yang belum mengenal tulisan mewariskan masa lalunya

·Melalui dongeng, cerita, kisah yang disampaikan melalui kebiasaan bertutur.

·Melalui kisah mitologi, penokohan seseorang yg  dianggap punya kelebihan dan dianggap keturunan dewa.

·Melalui lukisan di dinding gua yang menggambar-kan situasi kondisi saat itu, atau kondisi yang diharapkan dan kepercayaan awal.

2.   Tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan.

·   Mengenal pertunjukkan bayang-bayang sebagai wujud interaksi dengan arwah roh nenek moyang.

 

§ Mendeskripsikan cara masyarakat sebelum mengenal tulisan mewariskan masa lalunya.

§ Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masyarakat masa praaksara.

§ Mengklasifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia.

§ Mengklasifikasi jejak sejarah masa aksara pada prasasti, kitab-kitab kuno, manuskrip, dokumen, buku sejarah.

§ Siswa bekerjasama dalam kelompok.

§ Siswa mengeksplorasi sejumlah dongeng dan mitos yang berkembang di masyarakat.

§ Siswa berdiskusi untuk mengemukakan hasil kelompoknya.

§ Siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi.

§ Siswa dapat mengungkapkan sikap dan perasa-annya terhadap topik bahasan.

§ Penilaian non tes. (performa siswa dalam diskusi).

§ Tes tertulis

6 x 45

 menit

§  Transparansi

§  Spidol transparan

§  OHP

§  Kertas lebar

§  Spidol

§  Folklore Indonesia (James Damandjaja)

§  Indonesian Heritage Vol. 3

§  Buku cerita rakyat

§  Gambar-gambar tradisi masyarakat masa lalu

 

·   Mengenal rasi bintang sebagai petunjuk arah.

·   Mengenal cara-cara pembuatan alat dari batu.

3.   Jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia.

4.   Jejak sejarah di dalam prasasti, manuskrip, kitab kuno, dokumen, buku sejarah.

 

 

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata pelajaran                         :   Sejarah

Kelas                                       :    X

Pertemuan Ke                         :    1 sampai dengan  6

Alokasi Waktu                        :    6 x 45 menit

Standar Kompetensi               :    Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.

Kompetensi Dasar                   : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa praaksara dan masa aksara.

 

Indikator                                 :

·     Mendeskripsikan cara masyarakat sebelum mengenal tulisan mewariskan masa lalunya.

·     Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan.

·     Mengklasifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia.

·     Mengklasifikasi jejak sejarah di dalam prasasti, manuskrip, kitab kuno, dokumen, buku sejarah (masa aksara) dari berbagai daerah di Indonesia.

 

 

Tujuan Pembelajaran               :    ·    Memahami tradisi sejarah dan masyarakat bangsa Indonesia pada masa praaksara dan aksara.

·         Menghargai keagungan tradisi sejarah  bangsa.

·         Ikut menjaga kelestarian tradisi sejarah bangsa.

 

Materi Ajar (Pokok)                :  Tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal   

                                                    tulisan.

                                       1.  Cara masyarakat yang belum mengenal tulisan mewariskan masa lalunya.

·      Melalui dongeng, cerita, kisah yang disampaikan melalui kebiasaan bertutur.

·      Melalui kisah mitologi, penokohan seseorang yang dianggap mempunyai kelebihan karena masih dianggap keturunan dewa.

·      Melalui lukisan di dinding gua yang menggambarkan situasi kondisi saat itu atau kondisi yang diharapkan dan kepercayaan awal.

2.   Tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan.

·      Mengenal pertunjukkan bayang-bayang sebagai wujud interaksi dengan arwah roh nenek moyang.

·      Mengenal rasi bintang sebagai petunjuk arah.

·      Mengenal cara-cara pembuatan alat dari batu.

3.      Jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan lagu (masa praaksara) dari berbagai daerah di Indonesia.

4.      Jejak sejarah di dalam prasasti, manuskrip, kitab kuno, dokumen, buku sejarah (masa aksara) dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Metode Pembelajaran             :  · Ceramah

                                                   · Tanya jawab

· Diskusi kelompok

·   Presentasi / simulasi

 

Langkah-Langkah Pembelajaran :

 

Pertemuan Kesatu :

a.   Kegiatan Awal

·      Mempersiapkan gambar-gambar yang berkaitan dengan topik bahasan.

·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, inti materi, aspek penilaian dan proses pembelajaran.

·      Guru menggali kemampuan awal siswa dan sekaligus membangkitkan motivasi siswa untuk berpendapat sesuai pengetahuan dan pengalamannya yang berkaitan dengan pemahaman tentang tradisi sejarah.

·      Membagi siswa dalam 4  (empat) kelompok.

 

b.       Kegiatan Inti

·      Kelompok 1 ditugaskan untuk mencari informasi yang berhubungan dengan cara-cara masyarakat pada masa praaksara mewariskan masa lalunya disertai dengan contoh.

·      Kelompok 2 diberi tugas mencari informasi tentang tradisi-tradisi sejarah pada masyarakat masa praaksara di Indonesia.

·      Kelompok 3 ditugaskan mencari informasi tentang sejumlah folklore, mitologi dan legenda di beberapa daerah di Indonesia.

·      Kelompok diberi tugas mencari informasi tentang jejak sejarah di dalam upacara dan lagu lagu daerah di beberapa wilayah di Indonesia

·      Kelompok 5 diberi tugas mencari informasi tantang jejak sejarah masa aksara dan dengan contohnya.

·      Waktu memanfaatkan pertemuan hingga berakhir dan dilanjutkan di luar jam pelajaran sebagai tugas rumah.

 

Catatan :

·         Hasil diskusi tiap kelompok dituliskan pada transparan jika ada atau pada kertas yang lebar.

·         Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Setiap presentasi kelompok, memberikan kesempatan kelompok yang lain untuk memberi respon, bertanya, saran, masukan.

·         Presentasi tidak terlepas dari arahan dan bimbingan dari guru.

·         Akhir setiap kegiatan inti siswa diminta membuat kesimpulan atau catatan penting.

Pertemuan kedua

Kegiatan inti

·         Presentasi dari kelompok 1.

·         Dilanjutkan dengan diskusi.

·         Tiap siswa membuat catatan sendiri tentang informasi yang dianggap penting.

 

Pertemuan ketiga

Kegiatan inti

·         Presentasi dari kelompok 2.

·         Dilanjutkan dengan diskusi.

·         Tiap siswa membuat catatan sendiri tentang informasi yang dianggap penting.

 

Pertemuan keempat

Kegiatan inti

·         Presentasi dari kelompok 3

·         Dilanjutkan dengan diskusi.

·         Tiap siswa membuat catatan sendiri tentang informasi yang dianggap penting.

 

 

Pertemuan kelima

Kegiatan inti :

·         Presentasi dari kelompok 4 dan 5.

·         Dilanjutkan dengan diskusi.

·         Tiap siswa membuat catatan sendiri tentang informasi yang dianggap penting.

 

Kegiatan Akhir :

·         Siswa secara bersama-sama diberi kesempatan menyimpulkan tentang topik yang sedang dibahas dan guru hanya membantu.

 

Pertemuan keenam

Ulangan harian.

 

Alat dan Sumber Belajar:

Sumber:      Folklore Indonesia James Danandjaja, Indonesia Heritage Vol. 3

Bahan: Transparansi, Spidol transparans, OHP.

Alat:    Buku cerita rakyat, gambar-gambar tentang tradisi masyarakat masa lalu.

 

Penilaian:

a. Penilaian Nontes

Model / contoh 1

Penilaian terhadap tugas kelompok meliputi aspek:

§   Kebersamaan dalam kerja kelompok

§   Keakuratan isi laporan

§   Kerapihan tulisan

§   Kecepatan membuat laporan kelompok

§   Performa pada saat presentasi.

Catatan : skala penilaian 1 – 4                                   Kriteria Penilaian

               4 : sangat baik                                                    21 – 25 : A

               3 : baik                                                               16 – 20 : B

               2 : kurang baik                                                   11 – 15 : C

               1 : tidak baik                                                        6 – 10 : D

                                                                                            1 –   5 : E

 

Model / contoh 2

 

No.

         Nama Siswa

   Nilai

        Deskripsi Kemampuan

  1.

Slamet

      A

Aktif dalam diskusi kelompok, bicara cukup lancar, alasan yang dikemukakan logis, tidak menang sendiri.

  2.

dan seterusnya

 

 

  3.

dan seterusnya

 

 

 

Keterangan:

1.  Nilai bisa dengan huruf : A, B, C, D.

      Atau angka : < 65, 66 – 79, 80 –100

2.  Deskripsi kemampuan berisi tentang uraian kemampuan yang dicapai siswa.

3.   Siswa dalam satu kelas secara umum dapat dibagi dalam 3 kemampuan yaitu kemampuan lebih, normal, dan kurang. Siswa yang berkemampuan lebih perlu ditindaklanjuti dengan pemberian pengayaan, sedangkan yang berkemampuan kurang perlu mendapat remediasi, dan yang berkemampuan normal/sedang biasanya jumlahnya lebih banyak diberi motivasi agar dapat meningkat prestasinya.

 

Model / contoh 3

 

 

 

 

No

          Aspek yang dinilai

 

 

 

 

 

Nama Siswa

 

Keaktifan menggali sumber

 

Kemampuan bekerjasama

Keaktifan bertanya

Akurasi pertanyaan

Kemampuan verbal

 

Kemampuan menang-gapi pertanyaan

Akurasi penulisan laporan

Jumlah Nilai

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan: Skala Penilaian 1 – 4                                          Kriteria Penilaian

               4 : sangat aktif                                                   23 – 28 : A

               3 : aktif                                                               20 – 23 : B

               2 : kurang aktif                                                   16 – 19 : C

               1 : tidak aktif                                                     12 – 15 : D

                                                                                            7 – 12 : E

                                                                                          D dan E perlu bimbingan

              

b. Penilaian Tes

Esai

1. Tuliskan 3 (tiga) cara masyarakat masa praaksara mewariskan masa lalunya?

2.   Berikan contoh minimal 3  tentang tradisi masyarakat praaksara!

3.   Jelaskan apa maksud dari istilah di bawah ini dan berikan contohnya !

a.       Folklore

b.      Mitologi

c.       Legenda

d.      Upacara

e.       Lagu

4.   Jelaskan apa maksud dari istilah berikut dan berikan contoh!

a.       Manuskrip

b.      Kitab Kuno

c.       Dokumen

d.      Buku-buku Sejarah (tradisional dan modern)

5.   Seandainya kamu menemukan benda asing mirip peninggalan sejarah apa yang akan kamu lakukan?

6.    Bagaimana sikap dan pendapatmu tentang generasi muda Indonesia yang kurang mempelajari/menggemari budaya tradisi asli Indonesia?

Oktober 14, 2008 - Posted by | Silabus&RPP

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: