Menulis Kok Report !!!

Apa Kata Dunia ?

RPP Geografi SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Standar Kompetensi         : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip,

dan aspek  geografi

2.   Kompetensi Dasar            : 1.3. Menjelaskan prinsip geografi.

 

  1. INDIKATOR :

1.    Menjelaskan prinsip distribusi (penyebaran)

2.    Memberi contoh prinsip distribusi (penyebaran)

3.    Menentukan prinsip distribusi

4.    Menjelaskan prinsip deskripsi

5.    Memberi contoh prinsip deskripsi

6.    Menjelaskan prinsip interelasi

7.    Memberi contoh prinsip interelasi

8.    Menghubungkan gejala alam dengan prinsip interelasi

9.    Menjelaskan prinsip korologi

10. Menganalisis berbagai peristiwa atau gejala dengan prinsip korologi

 

  1. MATERI AJAR

Prinsip-prinsip geografi yaitu :

1.    Prinsip distribusi

2.    Prinsip deskripsi

3.    Prinsip interelasi

4.    Prinsip Korologi

 

  1. PENGALAMAN BELAJAR

1.    Dengan menggunakan berbagai sumber untuk informasi untuk mengetahui prinsip-prinsip dalam geografi

2.    Melakukan diskusi dan tanya jawab untuk memahami prinsip-prinsip dalam geografi

3.    Mengamati peta atau atlas untuk menggambarkan berbagai gejala gejala atau peristiwa geografi

4.    Dengan observasi/pengamatan pada alam sekitar untuk melatih berpikir kritis dan analitis dengan membuat laporan tentang deskripsi prinsip-prinsip geografi

5.    Melalui penulisan laporan hasil pengamatan agar memahami perinsip-prinsip dalam geografi

 

  1. METODE PENGAJARAN

1.    Informasi

2.    Diskusi

3.    Observasi

 

  1. SUMBER BELAJAR

1.    Nara Sumber : guru mata pelajaran

2.    Buku/Referensi/Majalah/Koran :

·         N. Daldjoeni, Pengantar Geografi, Alumni, Bandung, 1982

·         Getis & Fellman, Introdction to Geography, Brown and Benchmark Publisher, USA, 1988

·         Buku pelajaran geografi yang relevan

·         Koran/Majalah

·         Peta atau Atlas

3.    Lingkungan alam sekitar

 

  1. PENILAIAN HASIL

1.    Proses

2.    Hasil

3.    Jenis :

a. Tertulis

b. Proyek

4.    Bentuk :

          Uraian : terlampir

          Pilihan Ganda : terlampir

          Laporan

 

  1. ALOKASI WAKTU : 2 X 45 menit ( 1 pertemuan )

 

 

Jakarta,

            Kepala SMA…                                                          Guru Mata Pelajaran

 

 

 

            ………………..                                                          …………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

 

PENILAIAN HASIL

 

A.   TERTULIS

I.      URAIAN

1.    Jelaskan 4 prinsip dalam geografi!

2.    Berikan contoh peristiwa atau gejala alam dengan prinsip distribusi!

3.    Berikan contoh prinsip deskripsi dalam geografi!

4.    Jelaskan penggunaan prinsip interelasi dalam menjelaskan gejala alam!

5.    Jelaskan penggunaan prinsip korologi dalam menjelaskan suatu peristiwa dalam geografi!

 

II.    PILIHAN GANDA

1.    Gejala alam pada dasarnya selalu menyebar dengan membentuk kelompok kenampakan alam yang dapat dijelaskan dengan prinsip…..

a.    interelasi

b.    korologi

c.    distribusi

d.    interaksi

e.    deskripsi

2.    Pulau-pulau di Indonesia bagian barat merupakan bagian dari deretan gunung api muda sirkum mediterania. Hal ini dapat dijelaskan dengan prinsip…..

a.    distribusi

b.    korologi

c.    interelasi

d.    deskripsi

e.    translasi

3.    Pengungkapan suatu gambaran yang jelas dari suatu peristiwa atau gejala di bumi adalah prinsip geografi secara….

a.    distribusi

b.    korologi

c.    interelasi

d.    deskripsi

e.    translasi

4.    Daerah di sekitar gunung api merupakan daerah yang sangat subur karena adanya materi vulkanik yang melapuk. Prinsip geografi yang menjelaskan hal tersebut adalah….

a.    distribusi

b.    korologi

c.    interelasi

d.    deskripsi

e.    translasi

5.    Prinsip interelasi memberikan kajian tentang….

a.    keadaan suatu gejala mulai awal hingga akhir

b.    menghubungkan suatu gejala dengan gejala lain

c.    menjelaskan secara rinci dari suatu peristiwa di bumi

d.    menjelaskan pengelompokan suatu gejala geografi

e.    hasil kegiatan suatu peristiwa yang terjadi di alam

 

6.    Runtuhnya daratan di dasar laut dapat menimbulkan gempa bumi yang dahsyat dan membentuk gelombang laut yang sangat besar sehingga terjadi peristiwa tsunami. Peristiwa ini dapat dikaji dengan prinsip ….

a.    distribusi

b.    korologi

c.    interelasi

d.    deskripsi

e.    oceanologi

 

7.    Perhatikan beberapa peristiwa berikut :

a.    Terjadi tumbukan di dasar laut

b.    Terjadi gempa bumi yang dahsyat

c.    Gelombang laut sangat besar hingga ke daratan

d.    Banjir melanda daratan yang berasal dari air laut

Dalam mengkaji peristiwa di atas dapat digunakan prinsip…..

a.    korologi

b.    deskripsi

c.    geologi

d.    interelasi

e.    distribusi

8.    Prinsip geografi yang mengkaji gejala dan peristiwa di bumi dengan analisis yang lebih mendalam adalah….

a.    distribusi

b.    interelasi

c.    deskripsi

d.    translasi

e.    korologi

9.    Terjadinya awan yang sering mendatang hujan lebat dan banjir sehingga banyak menghancurkan lahan pertanian dan harga bahan pokok meningkat. Prinsip yang digunakan untuk mengkaji peristiwa tersebut adalah….

a.    distribusi

b.    interelasi

c.    deskripsi

d.    translasi

e.    korologi

10. Pulau Jawa penduduknya sebagian besar terdiri dari petani. Hal ini karena pulau Jawa merupakan daerah yang subur karena banyak gunung api dan curah hujan yang tinggi. Gambaran tersebut dapat dijelaskan dengan prinsip geografi yaitu….

a.    distribusi

b.    korologi

c.    interelasi

d.    deskripsi

e.    translasi

 


B.   PROYEK

Petunjuk :

a.    Perhatikan kondisi alam di sekitar tempat tinggal Anda! Misalnya gunung api, sungai, danau/rawa, curah hujan, dan sebagainya.

b.    Perhatikan kondisi sosial masyarakatnya seperti mata pencaharian, kebiasaan, jumlah penduduk, budaya, dan sebagainya.

c.    Hubungkan dengan analisis antara kondisi alam yang satu dengan yang lain serta hubungannya dengan kondisi soial!

d.    Buatlah kesimpulan Anda!

e.    Kumpulkan hasil pengamatan dan analisis Anda kepada guru!

 

FORMAT LAPORAN

  1. JUDUL
  2. PENDAHULUAN
    1. Latar belakang
    2. Permasalahan
  3. PEMBAHASAN
  1.  
    1. Kondisi geografis/alam
    2. Kondisi sosial
    3. Hubungan antara kondisi geografi/alam dengan sosial
  2. KESIMPULAN
  3. PENUTUP

Oktober 15, 2008 - Posted by | Silabus&RPP

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: