Menulis Kok Report !!!

Apa Kata Dunia ?

Pemetaan Konsep

PENDAHULUAN <!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:Wingdings; panose-1:5 0 0 0 0 0 0 0 0 0;} @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4;} @font-face {font-family:”Trebuchet MS”; panose-1:2 11 6 3 2 2 2 2 2 4;} @font-face {font-family:”Arial Narrow”; panose-1:2 11 6 6 2 2 2 3 2 4;} @font-face {font-family:”Comic Sans MS”; panose-1:3 15 7 2 3 3 2 2 2 4;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} h1 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:center; page-break-after:avoid; font-size:10.0pt; font-family:”Arial Narrow”,”sans-serif”;} h2 {margin-top:12.0pt; margin-right:0cm; margin-bottom:3.0pt; margin-left:0cm; page-break-after:avoid; font-size:14.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”; font-style:italic;} h3 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; page-break-after:avoid; text-autospace:none; font-size:8.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} h4 {margin-top:12.0pt; margin-right:0cm; margin-bottom:3.0pt; margin-left:0cm; page-break-after:avoid; font-size:14.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} h5 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; page-break-after:avoid; text-autospace:none; font-size:10.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”; font-style:italic;} h6 {margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:74.25pt; margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; text-indent:-20.25pt; page-break-after:avoid; font-size:12.0pt; font-family:”Comic Sans MS”;} p.MsoHeading9, li.MsoHeading9, div.MsoHeading9 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:center; page-break-after:avoid; font-size:12.0pt; font-family:”Trebuchet MS”,”sans-serif”; font-weight:bold;} p.MsoFooter, li.MsoFooter, div.MsoFooter {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} p.MsoTitle, li.MsoTitle, div.MsoTitle {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:center; font-size:16.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”; font-weight:bold;} p.MsoBodyText, li.MsoBodyText, div.MsoBodyText {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} p.MsoBodyTextIndent, li.MsoBodyTextIndent, div.MsoBodyTextIndent {margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:54.0pt; margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} p.MsoBodyText2, li.MsoBodyText2, div.MsoBodyText2 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:10.0pt; font-family:”Trebuchet MS”,”sans-serif”; font-weight:bold;} p.MsoBodyText3, li.MsoBodyText3, div.MsoBodyText3 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:center; font-size:10.0pt; font-family:”Trebuchet MS”,”sans-serif”; font-weight:bold;} p.MsoBodyTextIndent2, li.MsoBodyTextIndent2, div.MsoBodyTextIndent2 {margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:6.0pt; margin-left:14.15pt; line-height:200%; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} /* Page Definitions */ @page Section1 {size:842.0pt 21.0cm; margin:57.55pt 57.55pt 50.45pt 64.9pt;} div.Section1 {page:Section1;} /* List Definitions */ ol {margin-bottom:0cm;} ul {margin-bottom:0cm;} –>

Lampiran 1

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI,  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR DENGAN TEMA

KELAS  I

Mata pelajaran

Standar Kompetensi (*)

Kompetensi Dasar (**)

Indikator (***)

Tema dan Waktu Per Minggu

Diri Sendiri

Keluar ga

Ling-kung an

Tran spor-tasi

Kesehatan, Kebersihan & Keamanan

Hewan & Tumbuhan

Pekerja-an

Gejala Alam dan Pe-ristiwa

Rekreasi

Negara

Alat Komunikasi

4

3

4

3

4

3

2

4

3

2

2

Matematika

Bilangan

Melakukan

Penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

Membilang banyak benda

· Membilang atau menghitung secara urut

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menyebutkan banyak benda

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Membandingkan  dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sasma banyak

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Membaca dan menulis lambang bilangan

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan sampai 20

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Geometri dan pengukuran

Mengguna

kan pengukuran waktu dan panjang

Menentukan waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam ( bulat)

· Menceritakan pengalaman saat pagi, siang atau malam hari

v

v

v

v

v

v

v

· Menyebutkan perbedaan antara pagi dan malam hari

v

v

v

v

v

v

v

Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)

· Membedakan berbagai bentuk sesuai dengan cirinya

v

v

v

v

v

v

v

v

· Menyebutkan hasil pengelompokkan bangun ruang sederhana

v

v

v

v

v

v

v

v

Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan

Permainan dan olahraga

Mempraktekkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/

Aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.

· Menerapkan konsep arah dalam berjalan, berlari dan melompat.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Berjalan dengan berbagai pola langkah dan kecepatan.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Berlari dengan berbagai pola langkah dan kecepatan.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Melompat ke berbagai arah.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI,  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR DENGAN TEMA

KELAS  I

Mata pelajaran

Standar Kompetensi (*)

Kompetensi Dasar (**)

Indikator (***)

Tema dan Waktu Per Minggu

Diri Sendiri

Keluar ga

Ling-kung an

Tran spor-tasi

Kesehatan, Kebersihan & Keamanan

Hewan & Tumbuhan

Peker-jaan

Gejala Alam dan Peristiwa

Rekreasi

Negara

Alat Komunikasi

4

3

4

3

4

3

2

4

3

2

2

Pengetahuan sosial

Memahami identitas diri dan keluarga, serta skikap saling menghormamati dalam kemajemukan Keluarga

Mengiden-tifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat

· Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menyebutkan nama ayah, ibu, saudara dan wali.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menyebutkan alamat tempat tinggal.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI,  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR DENGAN TEMA

KELAS  I

Mata Pelajaran

Standar Kompetensi (*)

Kompetensi Dasar (**)

Indikator (***)

Tema dan Waktu Per Minggu

Diri Sendiri

Keluar ga

Lingkung- an

Tran spor-tasi

Kesehatan, Kebersihan & Keamanan

Hewan & Tumbuhan

Pekerja-an

Gejala Alam dan Pe-ristiwa

Rekreasi

Negara

Alat Komunikasi

4

2

4

2

4

3

2

2

3

2

2

Ilmu Pengetahuan Alam

Makhluk Hidup dan proses kehidupan

Mengenal anggota tubuh serta kegunaannya serta cara perawatannya

1.1 Mengenal  bagian-bagian tubuh dan kegunaannya

· Menyebutkan nama bagian-bagian tubuh

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menyebutkan anggota gerak tubuh.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Benda dan Sifatnya

Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda

Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan

· Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak

v

v

v

v

v

v

v

v

· Menunjuk sebanyak-banyaknya benda yang mempunyai warna, bentuk dan ciri tertentu

v

v

v

v

v

v

v

v

· Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya

v

v

v

v

v

v

v

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI,  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR DENGAN TEMA

KELAS  I

Mata Pelajaran

Standar kompetensi (*)

Kompetensi Dasar (**)

Indikator (***)

Tema dan Waktu Per Minggu

Diri Sendiri

Keluar ga

Ling-kung an

Tran spor-tasi

Kesehatan, Kebersihan & Keamanan

Hewan & Tumbuhan

Pekerja-an

Gejala Alam dan Pe-ristiwa

Rekreasi

Negara

Alat Komunikasi

4

3

4

3

4

3

2

4

3

2

2

Seni

Budaya

dan Keterampilan

Seni rupa

Mengapresiasi karya seni rupa

1.1 Meng-identi-fikasi  unsur rupa pada benda di alam sekitar

· Mengelompokkan berbagai jenis: bintik gari, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Mengelompokkan berbagai ukuran: bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menyebutkan unsur rupa di lingkungan sekolah.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Seni musik

Mengapresiasi karya seni musik

Mengiden-tifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

· Bertepuk tangan dengan pola

Seni Tari

Mengapresiasi karya seni tari

Mengiden-tifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat

· Bergerak bebas sesuai irama musik


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI,  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR DENGAN TEMA

KELAS  I

Mata Pelajaran

Standar Kompetensi (*)

Kompetensi Dasar (**)

(Contoh)

Indikator (***)

Tema dan Waktu Per Minggu

Diri Sendiri

Keluar ga

Ling-kung an

Tran sportasi

Kesehatan, Kebersihan & Keamanan

Hewan & Tumbuhan

Pekerja-an

Gejala Alam dan Pe-ristiwa

Rekreasi

Negara

Alat Komunikasi

4

3

4

3

4

3

2

3

4

2

2

Bahasa Indonesia

Mende-ngarkan

Memahami bunyi bahasa, perintah, an dongeng yang dilisankan

Membedakan bunyi bahasa

· Membedakan berbagai bunyi/suara tertentu secara tepat.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menirukan bunyi/suara tertentu seperti: suara burung, ombak, kendaraan, dan lain-lain.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Mengenal bunyi bahasa.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Membedakan bunyi bahasa.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Melafalkan bunyi bahasa secara tepat.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh.

Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun

· Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal) dengan kalimat sederhana

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menyebutkan nama orangtua dan saudara kandung.

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menanyakan data diri dan nama oratua serta saudara teman sekelas

Ö

Ö

Ö

Ö

Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca nyaring

Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

· Mengenali huru-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Membaca nyaring satu paragraf dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Menulis

Menulis permulaan dengan menciplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin

Menjiplak berbagai bentuk gambar,

lingkaran dan bentuk huruf

· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

· Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI,  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR DENGAN TEMA

KELAS  I

Mata Pelajaran

Standar Kompetensi (*)

Kompetensi Dasar (**)

Indikator (***)

Tema dan Waktu Per Minggu

Diri Sendiri

Keluar ga

Ling-kung an

Tran sportasi

Kesehatan, Kebersihan & Keamanan

Hewan  & Tumbuhan

Pekerja-an

Gejala Alam dan Pe-ristiwa

Rekreasi

Negara

Alat Komunikasi

4

2

4

2

4

3

2

2

2

2

2

Kewarganegaraan

1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa

· Menyebutkan berdasarkan jenis kelamin anggota keluarga.

Ö

Ö

Ö

· Meyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia.

Ö

Ö

Ö

Keterangan:

*           : Diambil dari SK-KD

**          : Diambil dari SK-KD

***       : Diambil dari penjabaran SK-KD ke dalam indikator

Kewarganegaraan

· Menyebutkan jenis kelamin anggota keluarga.

· Meyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia

Oktober 16, 2008 - Posted by | Kumpulan Tulisan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: