Menulis Kok Report !!!

Apa Kata Dunia ?

Silabus Jerman X/2

SILABUS <!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:Wingdings; panose-1:5 0 0 0 0 0 0 0 0 0;} @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4;} @font-face {font-family:Tahoma; panose-1:2 11 6 4 3 5 4 4 2 4;} @font-face {font-family:”Arial Narrow”; panose-1:2 11 6 6 2 2 2 3 2 4;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} h1 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; page-break-after:avoid; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} h2 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; page-break-after:avoid; font-size:10.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”;} h3 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:center; page-break-after:avoid; font-size:12.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”;} h4 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:center; page-break-after:avoid; font-size:10.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”;} h5 {margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:36.0pt; margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; page-break-after:avoid; font-size:12.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”;} h6 {margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:36.0pt; margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; page-break-after:avoid; font-size:11.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”;} p.MsoHeading7, li.MsoHeading7, div.MsoHeading7 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; page-break-after:avoid; font-size:12.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”; font-weight:bold;} p.MsoHeading8, li.MsoHeading8, div.MsoHeading8 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; page-break-after:avoid; font-size:9.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”; text-decoration:underline;} p.MsoHeader, li.MsoHeader, div.MsoHeader {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:10.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} p.MsoFooter, li.MsoFooter, div.MsoFooter {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:10.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} p.MsoTitle, li.MsoTitle, div.MsoTitle {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:center; font-size:20.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”; font-weight:bold;} p.MsoBodyText, li.MsoBodyText, div.MsoBodyText {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:10.0pt; font-family:”Arial Narrow”,”sans-serif”;} p.MsoBodyTextIndent, li.MsoBodyTextIndent, div.MsoBodyTextIndent {margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:18.0pt; margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} p.MsoSubtitle, li.MsoSubtitle, div.MsoSubtitle {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:10.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”; font-weight:bold;} p.MsoBodyText2, li.MsoBodyText2, div.MsoBodyText2 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”sans-serif”;} p.MsoBodyText3, li.MsoBodyText3, div.MsoBodyText3 {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:9.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”;} p.MsoBodyTextIndent2, li.MsoBodyTextIndent2, div.MsoBodyTextIndent2 {margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:18.0pt; margin-bottom:.0001pt; font-size:10.0pt; font-family:”Arial Narrow”,”sans-serif”;} p.MsoAcetate, li.MsoAcetate, div.MsoAcetate {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:8.0pt; font-family:”Tahoma”,”sans-serif”;} /* Page Definitions */ @page Section1 {size:842.0pt 21.0cm; margin:45.35pt 39.7pt 34.0pt 42.55pt;} div.Section1 {page:Section1;} @page Section2 {size:842.0pt 21.0cm; margin:45.35pt 39.7pt 34.0pt 42.55pt;} div.Section2 {page:Section2;} /* List Definitions */ ol {margin-bottom:0cm;} ul {margin-bottom:0cm;} –>

SILABUS

Nama Sekolah               : SMA ……………….                                                                                                                               Program                        : Bahasa

Mata Pelajaran              : Bahasa Jerman Kelas                            : XI

Semester                      : 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/

Alat

1

2

3

4

5

6

7

MENDENGARKAN

5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

.

5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat

Kehidupan keluarga Kehidupan sehari-hari

· Wacana yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema

· Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.

· Menyebutkan kata-kata yang didengar

· Menuliskan beberapa kata yang didengar.

· Menentukan ujaran yang tepat melalui gambar

§ Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar

§ Menentukan benar/salah ujaran yang didengar

Jenis Tagihan:

Tugas individu,  praktik, ulangan harian, ulangan umum

30 x 45’

38 x 45’

Kontakte Deutsch 1,

Start Deutsch 1

5.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat

· Präsens; trennbare Verben

· Pluralformen

· Akkusativobjekt

· Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media

· Mendiskusikan isi wacana lisan

· Menuliskan isi wcana lisan secara umum

· Memaparkan isi wacana lisan secara umum

· Mendiskusikan gambar-gambar sesuai wacana lisan yang diperdengarkan

· Memaparkan makna gambar di depan kelas

· Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan.

· Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.

· Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.

· Mencocokkan gambar dengan wacana lisan.

Bentuk instrumen:

Pertanyaan lisan , Laporan tertulis, performen tes, pilihan ganda

melengkapi. R/F,

· Dalam kerja kelompok menggambarkan suatu aktifitas

· Menentukan informasi yang didengar melalui gambar

BERBICARA

6. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

BERBICARA

6.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

6.2 Melakukan dialog  sederhana, dengan lancar,  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

· Mengulangi/menirukan kata/frasa/kalimat dengan lafal dan intonasi  tepat

· Melafalkan kata/kalimat di depan kelas

· Mendiskusikan makna/isi gambar

· Menyampaikan  informasi/hasil diskusi di depan kelas

· Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas secara acak

· Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara

· Melakukan percakapan sederhana, dengan teman sekelas/sebaya

· Mewawancarai teman dari kelas yang berbeda

· Menyampaikan/memaparkan data/hasil wawancara

· Bermain peran

Berbicara

KD 6.1

§ Menirukan ujaran dengan tepat

§ Menyebutkan ujaran dengan tepat

§ Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks

KD 6.2

§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks

§ Menjawab pertanyaan

sesuai konteks

§ Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks

§ Melakukan percakapan sesuai konteks

MEMBACA

7. Memahami

wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

MEMBACA

7.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat

7.2 Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana

· Memahami  bentuk dan tema wacana sederhana

§ Menentukan informasi umum/

§ Menentukan informasi tertentu

§ Menentukan kata kunci dari wacana tulis

§ Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana singkat dalam kerja kelompok

§ Menentukan informasi rinci dari wacana tulis

§ Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks

§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis

§ Menyusun tulisan sesuai dengan gambar/bagan/

denah dsb

Membaca

KD 7. 1

§ Menentukan bentuk wacana tulis

§ Menentukan tema wacana tulis

KD 7. 2

§ Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.

§ Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis

§ Menentukan informasi rinci dari wacana tulis

§ Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks

§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis

7.3 Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

§ Menjawab pertanyaan atas wacana tersebut

· Membaca nyaring  kata, frasa dan kalimat  di depan kelas

· Menyanyikan lagu sesuai tema

· Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/

denah dsb.

· Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

KD 7.3

§ Melafalkan huruf dengan tepat

§ Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat

MENULIS

8. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam

bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

MENULIS

8.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

· Menulis kata-kata berdasarkan gambar dalam kerja kelompok

· Menulis kata-kata yang didiktekan guru

· Menyusun guntingan frasa yang diacak menjadi kalimat dalam kerja kelompok

· Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis.

· Membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan

Menulis

KD 8.1

§ Menulis kata dengan tepat

§ Menulis frasa/kalimat dengan tepat

8.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

· Menyusun guntingan frasa yang diacak menjadi kalimat dalam kerja kelompok

· Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis.

· Membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan

· Membuat  wacana pendek

KD 8.2

§ Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks

§ Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat

§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana

§ Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat

§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/

denah dsb.

Jakarta,  … Juni 2006

Mengetahui/menyetujui:                                                                                                                                                                                                                          Penyusun,

Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                                                                                      Guru Bahasa Jerman,

______________________                                                                                                                                                                                                                    ______________________

NIP.                                                                                                                                                                                                                                                         NIP.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                    : Bahasa Jerman                                                                                                                                                                                 Program                                : Bahasa

Pertemuan Ke                      : 2                                                                                                                                                                                                            Kelas/Semester   : XI / 2

Alokasi Waktu                      : 2 x 45  menit

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok & Uraian Materi

MEMBACA

7.  Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari

Membaca

7.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat

7.2 Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana

7.3 Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

Membaca

KD 7.1

§ Menentukan bentuk wacana tulis

§ Menentukan tema wacana tulis

KD7. 2

§ Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.

§ Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis

§ Menentukan informasi rinci dari wacana tulis

§ Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks

§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/ bagan/ denah dsb.

KD7. 3

§ Melafalkan huruf dengan tepat

§ Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi yang tepat

KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Alltag

Zum Markt

Ins Büro

Kleidung

Das Essen

Redemittel:

· Menanyakan dan menjawab kegiatan pada setiap pagi hari

· Menanyakan dan menjawab kegiatan pada setiap siang hari

· Menanyakan dan menjawab kegiatan sepanjang hari

· Menanyakan dan menjawab tujuan bepergian

· Menanyakan dan menjawab saat pulang sekolah

· Menanyakan dan menjawab kegiatan ibu dirumah

· Menanyakan dan menjawab kegiatan ayah di rumah

· Menanyakan dan menjawab kegiatan di  malam hari

Struktur:

Präsens; einfache Verben, Verben mit Vokalwechsel, trennbare Verben

Wortschatz;

Nomen: Frühstück, Mittagessen,                 Hemd, Anzug, Suppe,                 Gemüse, Fisch, Fleisch,                 Obst, Küche, Fernsehen,                 Markt,

Verben:

kochen, kaufen, tragen,                 fahren,

anziehen, ausziehen, fernsehen,  baden, beten

Adjektiv: müde, froh, langweilig,                 angenehm

Zeitangabe: morgens, sonntags

Fragewort: wie lange

MENULIS

8.  Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

MENULIS

8.1  Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

8.2  Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

Menulis

KD 1

· Menulis huruf/ dengan tepat

· Menulis kata dengan tepat

· Menulis frasa/kalimat dengan tepat

KD 2

§ Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks

§ Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat

§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana

§ Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat

Tujuan Pembelajaran                              :  Siswa mampu menerapkan budaya positif melalui wacana yang dibaca

Metode Pembelajaran                             : Tanya-jawab, bermain  dengan gambar, bermain peran, ceramah

Langkah-langkah Pembelajaran              :

Kegiatan Awal

  • Mengucapkan Salam
  • Menirukan salam
  • Siswa menjawab Kuis dari guru tentang pembelajaran terdahulu

Kegiatan Inti

  • Siswa membentuk kelompok
  • Setiap kelompok menerima guntingan-guntingan gambar tentang kegiatan sehari-hari
  • Siswa mendiskusikan dan mendeskripsikan gambar-gambar tersebut
  • Setiap kelompok menyusun kalimat berdasarkan gambar-gambar tersebut
  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Kelompok lain menanggapi

Kegiatan penutup

  • Guru menanggapi dan mengarahkan hasil kerja kelompok secara umum
  • Bernyanyi sesuai tema
  • Siswa mendapat tugas membuat jadwal kegiatan sehari-hari

Alat dan Sumber Belajar                         : Buku Themen 1,Ping pong 1,  tulisan

Penilaian                                                  : Praktik, tes tulis

Jakarta,  … Juni 2006

Mengetahui/menyetujui:                                                                                                                                                                                                                          Penyusun,

Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                                                                                      Guru Bahasa Jerman,

______________________                                                                                                                                                                                                                    ______________________

NIP.                                                                                                                                                                                                                                                         NIP.

Oktober 17, 2008 - Posted by | Silabus&RPP

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: