Menulis Kok Report !!!

Apa Kata Dunia ?

Silabus RPP PA Kristen X/1

SILABUS <!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:Wingdings; panose-1:5 0 0 0 0 0 0 0 0 0;} @font-face {font-family:SimSun; panose-1:2 1 6 0 3 1 1 1 1 1;} @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4;} @font-face {font-family:”Vineta BT”;} @font-face {font-family:”\@SimSun”; panose-1:0 0 0 0 0 0 0 0 0 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”serif”;} p.MsoHeader, li.MsoHeader, div.MsoHeader {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”serif”;} p.MsoFooter, li.MsoFooter, div.MsoFooter {margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”serif”;} p.MsoBodyTextIndent, li.MsoBodyTextIndent, div.MsoBodyTextIndent {margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:18.0pt; margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; text-justify:inter-ideograph; text-indent:-18.0pt; font-size:11.0pt; font-family:”Arial”,”sans-serif”;} /* Page Definitions */ @page Section1 {size:792.0pt 612.0pt; margin:90.0pt 36.0pt 90.0pt 50.4pt;} div.Section1 {page:Section1;} @page Section2 {size:612.0pt 792.0pt; margin:36.0pt 90.0pt 50.4pt 90.0pt;} div.Section2 {page:Section2;} /* List Definitions */ ol {margin-bottom:0cm;} ul {margin-bottom:0cm;} –>

SILABUS

Nama Sekolah             : SMA

Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Katolik

Kelas/smt                    : X / 1

Standar Kompetensi   : Memahami nilai-nilai keteladanan Yesus Kristus sebagai landasan mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki                                  yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan sehingga dapat berelasi dengan sesama secara lebih baik.


NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI

POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI

WAKTU

SUMBER

BAHAN

1.

Mengenal diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, cita-cita dan panggilan hidupnya, sehingga menerima diri sebagaimana adanya.

Saya pribadi yang unik

Mengisi Kartu identitas untuk semakin mengenal  dan mengetahui diri sendiri.

Mengadakan refleksi pribadi dan mensharingkan tentang keunikan diri dilihat dari segi jasmaniah, rohaniah dan pengalaman hidup.

Mengungkapkan identitas diri melalui sebuah gambar tentang dirinya.

· Menyebutkan ciri-ciri fisik dan menjelaskan fungsinya.

· Menyebutkan kemampuan dan sifat-sifatnya yang unik dan menerima sebagaimana adanya.

· Menjelaskan latarbelakang keluarga dan pengaruhnya terhadap perkembangan pribadinya.

· Mengungkapkan keberhasilan dan kegagalan yang pernah dialaminya.

· Tertulis

Pribadi yang diciptakan Tuhan

· Performance Pendasaran mazmur

2 X 45 menit

· Kitab Suci

· Perutusan murid-murid Yesus PAK SMA/SMK, Kanisius, Yogyakarta.

· Pengalaman siswa



NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI

POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI

WAKTU

SUMBER

BAHAN

Membaca dan merenungkan Kitab Suci tentang keunikan diri berdasarkan kitab Kejadian, yang kemudian disharingkan kepada teman-temannya.

Mendaraskan Mazmur 139.

· Mengungkapkan rasa syukur dirinya sebagai pribadi yang diciptakan Tuhan dengan keajaiban (Mzm :139)

Saya memiliki kelebihan dan kekurangan

Berdiskusi kelompok untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri dengan menerima masukan dari teman yang lain. Dilanjutkan dengan menganalisis segala kelebihan dan kekurangan kita.

· Menganalisa kelebihan dan kekurangannya.

· Memberi alasan perlunya mengembangkan talenta yang dilikiki (Mat 25:14-30) sehingga berguna bagi sesama.

· Menjelaskan cara-cara mengembangkan talenta (dan cita-cita) yang dimiliki.

· Tertulis Kelebihan dan kekurangan

· Performance Mewujudkan sikap menerima kelebihan dan kekurangan sesama

· Proyek Wawancara

2 X 45 menit



NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI

POKOK

PENGALAMAN

BELAJAR

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI

WAKTU

SUMBER

BAHAN

Berdialog berdua-dua untuk mendalami keberadaan diri kita masing-masing dengan segala potensi serta peluangnya dalam terang Kitab Suci.

Pleno dari hasil diskusi dan dialog bersama teman (berdua-dua)

Tugas untuk mewawancarai orang-orang yang kompeten.

· Melakukan usaha-usaha untuk mengambangkan talenta (dan cita-cita) yang dimilikinya.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                     : Pendidikan Agama Katolik

Kelas/Semester                    : X/1

Pertemuan ke                       : 1

Alokasi Waktu                      : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi           :  Memahami nilai-nilai keteladanan Yesus Kristus      sebagai landasan mengembangkan diri sebagai       perempuan atau laki-laki     yang memiliki rupa-rupa      kemampuan dan keterbatasan sehingga dapat            berelasi dengan sesama secara lebih baik.

Kompetensi Dasar               :  Mengenal diri dengan segala kelebihan dan             kekurangannya, cita-cita dan panggilan hidupnya,       sehingga menerima diri sebagaimana adanya.

Indikator                                 :  –  Menyebutkan ciri-ciri fisik dan menjelaskan                                       fungsinya.

–  Menyebutkan kemampuan dan sifat-sifatnya yang                           unik dan menerima sebagaimana adanya.

–  Menjelaskan latarbelakang keluarga dan                                pengaruhnya terhadap perkembangan pribadinya.

–  Mengungkapkan keberhasilan dan kegagalan                               yang pernah dialaminya.

–  Mengungkapkan rasa syukur dirinya sebagai                                 pribadi yang diciptakan Tuhan dengan keajaiban                                 (Mzm :139)

I. Tujuan Pembelajaran

· Siswa dapat menjelaskan dirinya sebagai pribadi yang unik dan menerima dengan rasa syukur atas karya Allah dalam dirinya

II.     Materi Ajar (Materi Pokok) : Saya pribadi yang unik

III.    Metode Pembelajaran

· Penugasan

· Renungan/Refleksi

· Sharing

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal

· Membaca mazmur 139 secara bergantian

b. Kegiatan Inti

· Siswa mendalami isi mazmur 139 dengan bantuan pertanyaan, misalnya:

· Apa makna isi teks mazmur 139 ?

· Apakah ada hal yang menarik dari teks tersebut ? yang mana ?

· Siswa dibagi dalam kelompok untuk mengisi data-data pribadi dan mensharingkannya

· Siswa diberi tugas untuk membuat sebuah simbol yang menunjukkan keadaan dirinya

· Siswa menjelaskan arti dari simbol dirinya

· Siswa diberi tugas untuk membuat doa syukur

c. Kegiatan Penutup

· Evaluasi pembelajaran

· Membacakan kembali mazmur 139

· Doa penutup

V.    Alat dan Sumber Belajar

· Kitab Suci

· Buku siswa

· Pengalaman siswa

VI.   Penilaian :

a.   Tertulis

1. Sebutlah ciri-ciri fisikmu yang khas!

2. Sebutlah kemampuan-kemampuan yang menonjol!

3. Manakah sifat-sifat atau karaktermu yang dipuji teman-temanmu?

4. Sebutlah pengalaman-pengalaman khas yang berpengaruh bagi jalan hidupmu!

5. Susunlah sebuah doa sebagai tanda syukur untuk kekhasanmu!

b.   Performance

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

ASPEK

KRITERIA

1.   Penghayatan

Skor 3, jika penghayatan baik, sikap baik dan mengungkapannya penuh perasaan

Skor 2,    jika penghayatan dan sikapnya baik namun belum secara penuh perasaan

Skor 1,    jika penghayatan dan sikapnya masih kurang baik.

2.   Vokal

Skor 3,    jika vokal jelas, intonasi juga jelas

Skor 2,    jika vokal jelas, intonasi kurang jelas

Skor 1,    jika vokal dan intonasi masih kurang jelas

Oktober 17, 2008 - Posted by | Silabus&RPP

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: