Menulis Kok Report !!!

Apa Kata Dunia ?

PAI SDLB

29
3. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu
(SDLB-B)
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama
menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna,
damai dan bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan
umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi
sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan
keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta
peningkatan potensi spiritual. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral
sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup
pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan
nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan.
Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi
berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan
martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama
diajarkan kepada manusia dengan visi untuk menghasilkan manusia yang bertakwa
kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia
yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan
produktif, baik personal maupun sosial. Pendidikan budi pekerti dimaksudkan agar
peserta didik mulai mengenal, meneladani, dan membiasakan perilaku terpuji.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya
menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan
keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang
bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan,
hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam
lingkup lokal, nasional, regional, maupun global. Peranan Pendidikan Agama Islam di
sekolah dimaksudkan untuk meningkatkan potensi moral dan spiritual yang mencakup
pengenalan, pemahaman, penanaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam
kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Tuntutan visi ini mendorong
dikembangkannya standar kompetensi sesuai dengan jenjang persekolahan yang secara
nasional ditandai dengan ciri-ciri:
1. lebih menitikberatkan pencapaian kompetensi secara utuh selain penguasaan
materi;
2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang
tersedia;
3. memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk
mengembangkan strategi dan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan
ketersediaan sumber daya pendidikan.
30
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan
standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan mempertimbangkan peserta didik
yang berkebutuhan khusus tunarungu. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku
terpuji dapat dilakukan tidak berurutan. Peran orang tua sangat penting dalam
mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SDLB bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan
pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta
pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim
yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manusia Indonesia berakhlak mulia yaitu manusia yang produktif,
jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), serta menjaga harmoni secara
personal dan sosial.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian
antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama
manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam
sekitarnya.
31
D. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Pembelajaran pendidikan agama Islam disesuaikan dengan kondisi peserta didik yang
berkebutuhan khusus tunarungu.
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Menghafal Al Qur’an
surat pendek pilihan
1.1 Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
Aqidah
2. Mengenal Rukun Iman 2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SW
2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman
2.3 Menghafal enam Rukun Iman
Ahlak
3. Membiasakan perilaku
terpuji
3.1 Membiasakan berbagai perilaku jujur
3.2 Membiasakan berbagai perilaku bertanggung jawab
3.3 Membiasakan berbagai perilaku hidup bersih
3.4 Membiasakan berbagai perilaku kasih sayang
Fiqih
4. Mengenal tatacara
bersuci (thaharah)
4.1 Menyebutkan pengertian bersuci
4.2 Mencontoh tatacara bersuci
4.3 Mendemonstrasikan wudhu
5. Mengenal Rukun Islam 5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam
5.2 Menghafal Rukun Islam
32
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6. Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek
pilihan
6.1 Melafalkan QS Al Ikhlas dengan lancar
6.2 Menghafal QS Al Ikhlas dengan lancar
6.3 Melafalkan QS Al-Kautsar dengan lancar
6.4 Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
Aqidah
7. Mengenal dua kalimat
syahadat
7.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul
7.2 Menghafal dua kalimat syahadat
7.3 Mengartikan dua kalimat syahadat
Akhlak
8. Membiasakan perilaku
terpuji
8.1 Menampilkan perilaku rajin
8.2 Menampilkan perilaku dermawan
8.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua dan
guru
8.4 Menampilkan adab makan dan minum
8.5 Menampilkan adab belajar
Fiqih
9. Membiasakan bersuci
(thaharah)
8.1 Mempraktikkan tatacara bersuci
8.2 Membiasakan berwudhu dengan tertib
33
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek
pilihan
1.1 Melafalkan QS An-Nasr dan Al-‘Ashr
1.2 Menghafalkan QS An-Nasr dan Al-‘Ashr
Aqidah
2. Mengenal Asmaul
Husna
2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
2.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
Akhlak
3. Mencontoh perilaku
terpuji
3.1 Menampilkan perilaku rendah hati
3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana
3.3 Menampilkan perilaku tertib ketika mandi
3.4 Menampilkan adab buang air besar dan kecil
Fiqih
4. Mengenal tatacara
wudhu
4.1 Menyebutkan tatacara wudhu
4.2 Membaca do’a sesudah wudlu
5. Menghafal bacaan
shalat
5.1 Melafalkan bacaan shalat
5.2 Menghafal bacaan shalat
34
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6. Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek
pilihan
6.1 Melafalkan QS An-Naas dan Al Falaq
6.2 Menghafal QS An Naas dan Al-Falaq
Aqidah
7. Mengenal Asmaul Husna
7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
Akhlak
8. Membiasakan perilaku
terpuji
8.1 Mencontoh perilaku hormat dan santun kepada guru
8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada
tetangga
Fiqih
9. Membiasakan shalat
secara tertib
9.1 Mencontoh gerakan shalat secara tertib
9.2 Melakukan shalat secara tertib
35
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengenal huruf-huruf
Al Qur’an
1.1 Melafalkan huruf-huruf Al Qur’an
1.2 Menulis huruf-huruf Al Qur’an
Aqidah
2. Mengenal sifat wajib
Allah
2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah
2.2 Mengartikan lima sifat wajib Allah
Akhlak
3. Membiasakan perilaku
terpuji
3.1 Menampilkan perilaku percaya diri
3.2 Menampilkan perilaku tekun
3.3 Menampilkan perilaku hemat
Fiqih
4. Melaksanakan shalat
dengan tertib
3.1 Menghafal bacaan shalat dengan lancar
3.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan shalat
36
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Mengenal huruf-huruf
Al Qur’an
5.1 Menulis huruf Al Qur’an
5.2 Membaca huruf Al Qur’an
Aqidah
6. Mengenal sifat mustahil
Allah
4.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah
4.2 Mengartikan sifat mustahil Allah
Akhlak
7. Membiasakan perilaku
terpuji
7.1 Menampilkan perilaku setiakawan
7.2 Menampilkan perilaku kerja keras
Fiqih
8. Melakukan shalat fardhu 8.1 Menjelaskan tatacara shalat fardhu
8.2 Mempraktikkan shalat fardhu dengan tertib
37
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengenal ayat-ayat
Al Qur’an
1.1 Membaca ayat-ayat Al Qur’an
1.2 Menulis ayat-ayat Al Qur’an
Aqidah
2. Mengenal sifat jaiz
Allah SWT
2.1 Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
2.2 Menjelaskan arti sifat jaiz Allah SWT
Akhlak
3. Membiasakan perilaku
terpuji
3.1 Menceritakan kembali kisah Nabi Adam AS
3.2 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
3.3 Menceritakan masa kelahiran Nabi Muhmmad SAW
3.4 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW
3.5 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW
Fiqih
4. Mengenal ketentuanketentuan
shalat
4.1 Menyebutkan rukun shalat
4.2 Menyebutkan sunat shalat
4.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
4.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
38
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek
pilihan
5.1 Membaca QS Al Lahab dengan lancar
5.2 Menghafal QS Al Lahab dengan lancar
5.3 Membaca QS Al-Kafirun dengan lancar
5.4 Menghafal QS Al-Kafirun dengan lancar
Aqidah
6. Mengenal Malaikat dan
tugasnya
6.1 Menjelaskan pengertian Malaikat
6.2 Menyebutkan nama-nama Malaikat
6.3 Menyebutkan tugas-tugas Malaikat
Akhlak
7. Membiasakan perilaku
terpuji
7.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail
AS
7.2 Meneladani ketaatan nabi Ibrahim AS dan Nabi
Ismail AS
Fiqih
8. Melaksanakan dzikir dan
do’a
8.1 Melakukan dzikir setelah shalat
8.2 Membaca do’a setelah shalat
39
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek
pilihan
1.1 Membaca QS Al Ma’un dengan lancar
1.2 Menghafal QS Al Ma’un dengan lancar
1.3 Membaca QS Al-Fiil dengan lancar
1.4 Menghafal QS Al Fiil dengan lancar
Aqidah
2. Mengenal kitab-kitab
Allah SWT
2.1 Menyebutkan nama kitab-kitab Allah
2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima
kitab-kitab Allah SWT
2.3 Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
Akhlak
3. Membiasakan perilaku
terpuji
3.1 Menjelaskan kisah Nabi Ayub A.S
3.2 Meneladani kesabaran Nabi Ayub A.S
Fiqih
4. Mengumandangkan
adzan dan iqamah
4.1 Menghafal lafal adzan dan iqamah
4.2 Mengumandangkan adzan dan iqamah
40
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Menghafal Al Quran
surat-surat pendek
pilihan
5.1 Membaca QS At-Takatsur dengan lancar
5.2 Menghafal QS At-Takatsur dengan lancar
Aqidah
6. Mengenal Rasul- Rasul
Allah SWT
6.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
6.2 Menyebutkan nama-nama Ulul azmi dari para Rasul
6.3 Membedakan Nabi dan Rasul
Akhlak
7. Membiasakan perilaku
terpuji
7.1 Meneladani perilaku disiplin Umar bin Khattab
7.2 Meneladani perilaku tolong menolong kaum
Muhajirin dan Anshar
Fiqih
8. Mengenal puasa wajib 8.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
8.2 Melakukan puasa Ramadhan
41
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Memahami isi Al Qur’an
surat-surat pendek
pilihan
1.1 Membaca dengan fasih QS Al-Fatihah dan QS
Al Ikhlas
1.2 Mengartikan QS Al-Fatihah dan QS Al Ikhlas
1.3 Menjelaskan kandungan QS Al-Fatihah dan QS
Al-Ikhlas
Aqidah
2. Meyakini adanya Hari
Akhir
2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
2.2 Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir
Akhlak
3. Menghindari perilaku
tercela
3.1 Menghindari perilaku dengki seperti kisah Abu Lahab
3.2 Menghindari perilaku berbohong seperti kisah
Musailamah Al Kadzdzab
Fiqih
4. Mengenal puasa sunat 4.3 Menyebutkan nama-nama puasa sunat
4.4 Menjelaskan hikmah puasa sunat
42
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Memahami isi Al Quran
surat-surat pendek
pilihan
5.1 Membaca dengan fasih QS An-Nashr dan QS Al-‘Ashr
5.2 Menerjemahkan QS An-Nashr dan QS Al-‘Ashr
5.3 Menjelaskan kandungan QS An-Nashr dan QS Al-‘Ashr
Aqidah
6. Meyakini adanya Qadha
dan Qadar
6.1 Menjelaskan pengertian Qadha dan Qadar
6.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
Akhlak
7. Membiasakan perilaku
terpuji
7.1 Meneladani perilaku silaturahmi Nabi Ibrahim A.S
7.2 Meneladani ketaatan Nabi Isa AS
Fiqih
8. Mengetahui kewajiban
zakat
8.1 Menyebutkan macam-macam zakat
8.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Oktober 18, 2008 - Posted by | Kumpulan Tulisan

1 Komentar »

  1. Ada skl untuk sd idiot gak

    Komentar oleh siipsmarsi | Oktober 18, 2008


Tinggalkan komentar