Belum ada komentar.
About
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya, SMA Negeri 69 Jakarta sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah.
Dalam dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum SMA Negeri 1 Cikembar, yang secara keseluruhan mencakup:
1. struktur dan muatan kurikulum;
2. beban belajar peserta didik;
3. kalender pendidikan;
4. silabus, dan
5. rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
B. VISI dan MISI
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1 Cikembar memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah berikut:
VISI SMA NEGERI 1 Cikembar
Menuju Peserta Didik Berprestasi yang Berwawasan Kebaharian dengan dilandasi Iman dan Taqwa
|
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekikinian, sesuai dengan norma dan harapan masayarakat.
Untuk mewujudkannya, Sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:
MISI SMA NEGERI 1 Cikembar
C. Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
D. Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP sebagai berikut ini.
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
E. Sasaran Program:
Kepala Sekolah dan Para Guru serta dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
Sasaran Program Sekolah
SASARAN PROGRAM 1 TAHUN ( 2006 / 2007 ) |
SASARAN PROGRAM 4 TAHUN ( 2006 / 2010 ) |
SASARAN PROGRAM 8 TAHUN ( 2006 / 2014 ) |
1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 95%. |
1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 97%. |
1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 98 %. |
2. Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir 5,0. |
2. Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 6,0. |
2. Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 7,0. |
3. 10 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. |
3. 20 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. |
3. 50 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. |
4. 50% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. |
4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. |
4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. |
5. Memiliki ekstra kurikuler unggulan (KIR & Olah Raga Bahari ) |
5. Extra kurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat provinsi |
5. Ekstrakurikuler unggulan dapat meraih prestasi tinggkat nasional |
6. 25 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. |
6. 40 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. |
6. 60 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. |
7. 70 % peserta didik dapat mengoperasikan mengoperasikan program Ms Word dan Ms Excel |
7. 75 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer (Microsoft Word , Excel, Power point dan Internet). |
7. 100 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer (Microsoft Word, Excel, Power point dan Internet). |
8. 15 % Peserta didik mampu mengembangkan tanaman mangrove |
8. 30 % Peserta didik mampu mengembangkan tanaman mangrove |
8. 40 % Peserta didik mampu mengembangkan tanaman mangrove |
9. 15 % Peserta didik mampu melakukan tranplantasi karang |
9. 30 % Peserta didik mampu melakukan tranplantasi karang |
9. 40 % Peserta didik mampu melakukan tranplantasi karang |
10. 15 % Peserta didik mampu melakukan budi daya salah satu jenis tumbuhan atau ikan yang bernilai ekonomis. |
10. 30 % Peserta didik mampu melakukan budi daya salah satu jenis tumbuhan atau ikan yang bernilai ekonomis. |
10.40 % Peserta didik mampu melakukan budi daya salah satu jenis tumbuhan atau ikan yang bernilai ekonomis. |
Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:
|
1. mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan; |
|
2. mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu; |
|
3. melakukan kerjasama dengan pihak kabupaten dan perusahaan yang ada di wilayah Kep. Seribu untuk membantu pembiayaan bagi peserta didik yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi; |
|
4. mengadakan Tadarusan menjelang pelajaran dimulai, kegiatan Jama’ah Yasin setiap malam Jum’at, Tadabur Alam, peringatan hari besar Islam, dan membentuk kelompok-kelompok pengajian peserta didik; |
|
5. menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Olah Raga, PPLP Dayung Kab. Kepulauan Seribu; |
6. kerjasama dengan Yayasan Terangi, Coca Cola Foundation (CCF) dan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu atau pihak lain untuk pelaksanaan program sekolah hijau dan produktif di SMA 1 Cikembar, terutama pada bidang penanaman pohon mangrove, transplantasi karang, budidaya rumput laut dan budidaya bandeng; |
|
7. perbaikan laboratorium bahasa; |
|
8. membentuk kelompok gemar Bahasa Inggris; |
|
9. membentuk kelompok belajar; |
|
10. pengadaan buku penunjang; |
|
11. pengadaan komputer; |
|
12. mengintesifkan kelompok belajar di Asrama Pelajar Putra dan Putri di Pulau Pramuka; |
|
13. mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua; |
|
14. pelaporan kepada orang secara berkala; |
|
15. kerjasama dengan Kabupaten Sukabumi; |
Link Pendidikan
Menulis kok report(apa kata dunia?)
Kumpulan Silabus
Highend
Diskusi sosial
Kumpulan Tulisan
free websites for grow
- Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
www.siipsmarsi.wordpress.com
- siipsmarsi pada PAI SDLB
- siipsmarsi pada Panduan penyusunan kurikulum
Blog Stats
- 55.638 hits
Top Clicks
- Tidak ada
Top Posts
Browsing Photos and Videos
powered by(c)eliggl 2008
-
Arsip
- Oktober 2008 (123)
-
Kategori
-
RSS
Entries RSS
Comments RSS
Tinggalkan komentar